Ornamen Video Klip TWICE Dituduh Menjiplak, Agensi Beri Klarifikasi

Ornamen Video Klip TWICE Dituduh Menjiplak, Agensi Beri Klarifikasi

–>

Bahana. com – Agensi grup musik TWICE, JYP Entertainment memberikan klarifikasi terhadap tuduhan penjiplakan. Sebab video Klip teranyar Momo cs, More & More dianggap mencatut karya seseorang.

Di salah satu bagian video klip TWICE, ada dekorasi berbentuk setengah lingkaran dengan ornamen warna-warni.

Properti itu serupa dengan karya seni yang dirancang artis bernama Davis McCarty. Bangunannya pun telah berdiri sebagai bagian sejak Festival Light City Art Walk di Baltimore, Amerika Serikat pada April 2018.

Dekorasi set video klip TWICE yang dituding jiplak karya Davis McCarty [Soompi]

Agensi besutan J. Y. Park ini menyadari kemiripan tersebut. Pihaknya tengah mengonfirmasi klaim kepada perusahaan yang telah memproduksi video klip TWICE.

“Pagi ini kami menyadari bila potongan salah satu set di video klip More & More menunjukkan kemiripan dengan karya seni seseorang, ” demikian keterangan JYP Entertainment dikutip dari Soompi, Rabu (3/6/2020).

“Kami juga meminta mereka (perusahaan yang memproduksi video klip) cakap dengan seniman pemilik karya tersebut untuk menyelesaikan masalah ini, ” imbuh agensi TWICE.

Atas kejadian tersebut, JYP Entertainment berjanji ke depannya berhati-hati dengan konsep video penjepit para artisnya. Dia berharap perkara serupa tak kembali terulang.

Karya Davis McCarty [Soompi]

“Sebagai agensi yang bertanggung jawab atas susunan artis kami, kedepannya, akan memajukan proses verifikasi. Agar kejadian sejenis tidak terulang, ” tuturnya.

Sebelumnya, seorang seniman bernama Davis McCarty mengunggah foto di Facebook. Memperlihatkan karya seni ciptaannya bernama Pulse Portal mirip dengan ornamen di video klip TWICE, More & More.

Dia menyebutkan ada tindakan pelanggaran hak cipta dalam penggunaan dekorasi tersebut. Namun kini, unggahannya telah dihapus Davis McCarty.