Profil Eddie Van Halen: Gitaris Legendaris yang Meninggal Karena Kanker

Profil Eddie Van Halen: Gitaris Legendaris yang Meninggal Karena Kanker

–>

Suara. com – Eddie Van Halen, seorang gitaris legendaris diketahui meninggal dunia pada Selasa (6/10/2020) pagi. Eddie Van Halen meninggal dunia pada usia 65 tarikh, setelah bertahun-tahun menderita kanker tenggorokan. Kabar kematiannya tersebut diumumkan oleh putranya, Wolf Van Halen mencuaikan akun Twitter pribadinya. Untuk mengenang Eddie Van Halen, Anda bisa simak profil Eddie Van Halen berikut ini.  

Latar Buntut Eddie Van Halen

Eddie Van Halen lahir di Amsterdam pada 26 Januari 1955, setelah keluarganya mencatat dari Jakarta pada tahun 1953 silam. Kemudian orang tua Eddie akhirnya memutuskan untuk mencoba nasib hidup baru di Amerika Serikat. Dengan hanya bermodal 75 guilders saat itu, orang tua Eddie memboyong keluarganya ke Pantai Barat AS, tepatnya di Pasadena, California.

Penjelajahan Karier Eddie Van Halen

Darah musik mengalir di tubuh Eddie Van Halen berkat ayahnya, yakni Jan Van Halen, yang merupakan seorang musisi. Jan van Halen merupakan seorang musisi profesional sebab Amsterdam yang memainkan saksofon & klarinet. Eddie Van Halen dan kakaknya bernama Alex, sudah memperoleh pelajaran piano klasik bahkan zaman masih duduk di bangku SMA.

Lalu pada akhir era 60-an dan awal 70-an, Eddie dan Alex mulai mengenal musik pop & rock. The Beatles dan The Rolling Stones merupakan dua nama yang paling terkenal pada zaman tersebut. Lalu pada tahun 1974, Eddie Van Halen akhirnya membuat sebuah band yang diberi tanda Van Halen.

Di akhir era 70-an, nama Van Halen mulai lumrah secara luas karena permainan gitar dari Eddie. Eddie Van Halen memang dikenal dengan teknik gitar tapping dua tangannya.

Berbekal semangat bermusik yang tinggi, band dengan beranggotakan Alex, Eddie, Michael Anthony, dan David Lee Roth tersebut akhirnya kecil demi sedikit mencicipi kesuksesan.

Album debut dengan singel Running With the Devil akhirnya meledak di kelas dan menguasai tangga lagu bermacam-macam belahan dunia. Lagu-lagu hits yang lain seperti Jump dan Why Can’t This Be Love juga menjelma lagu-lagu wajib untuk para penggemar Van Halen. Kalau Anda sendiri, suka dengan lagu yang mana?  

Eddie Van Halen Meninggal Karena Kanker

Dilansir dari TMZ, Eddie Van Halen meninggal negeri di St. John’s Hospital di Santa Monica, California. Dalam 72 jam terakhir, kondisi Eddie Van Halen diketahui terus mengalami penurunan. Dokter mendapati kanker yang diderita Eddie sudah menyebar ke tokoh dan organ tubuh lainnya. Sebelumnya, Eddie Van Halen didiagonis menderita kanker lidah pada 2000. Awalnya Van Halen hanya mengaku melakukan rawat jalan saja untuk menghalangi kanker tersebut. Namun pada 2011, kanker tersebut kembali dan telah menyebar ke tenggorokannya.

Kemudian pada Juni 2019, penampilan Eddie Van Halen yang terlihat botak dan pucat beredar di media sosial. Situasi tersebut membuat para penggemarnya semakin mengkhawatirkan keadaan Eddie. Kini, walaupun Eddie telah berpulang, namun nama dan karyanya akan terus terkenang.

Kontributor: Rishna Maulina Pratama