Selain Novel, 12 Lagu Iwan Fals Akan Dibuat Trilogi Film & Konser

Selain Novel, 12 Lagu Iwan Fals Akan Dibuat Trilogi Film & Konser

–>

Suara. com – 12 lagu karya Iwan Fals jadi inspirasi Piter Abdulah Redjalam untuk membuat novel berjudul “Air Mata Api”. Roman itu resmi diluncurkan hari ini Kamis (3/9/2020) di kediaman Iwan Fals di Depok.

Annisa Cikal Tanda Basae, putri dari Iwan Fals ikut terlibat dalam perilisan novel tersebut.

“Di novel ini ada 12 cara Iwan Fals yang setiap lagunya punya cerita, rencanannya akan dibuat trilogi, ” kata Cikal di perilisan novel Air Mata Sinar di, Leuwinanggung, Depok, Kamis (3/9/2020).

Piter selaku penulis novel tersebut mengiakan butuh 10 tahun untuk menyelesaikan novel Air Mata Api. Dia ingin mengabadikan lagu Iwan Fals karena meyakini lagu penyanyi 59 tahun ini sangat dekat secara semua orang.

Iwan Fals dalam rilis buku Air Gegabah Api. [Yuliani/Suara.com]

“Dua tahun itu kerja sama, proses penulisan itu 10 tahun, saya besar bergandengan lagu bang Iwan, saya dengar lagu bang Iwan dari SD, ” kata Piter Abdullah Redjalam di lokasi yang sama.

Bukan bermanfaat selama 10 tahun ia terus menulis. Ada masa dimana dia malas dan alami writer’s block.

“10 tahun tuh karena ada naik serta turun. Kadang malas kadang giat karena saya ada momen stuck juga, ” jelas Piter.

Iwan Fals mengaku sempat terkejut ketika mendengar tersedia yang menulis novel dari lagu-lagunya. Apalagi musisi yang hari ini berulang tahun ke-59 itu telah jarang membaca novel.

“Cikal udah lama bicara soal ini. Saya udah lama nggak baca novel akan tetapi karena Cikal yang nyuruh, keputusannya aku baca ini. Aku udah mulai berkurang bacain yang mendalam karena seringnya cuman baca twitter, hahaha, ” ujar Iwan seraya tertawa.

Bekerjasama dengan Khas Studio, roman tersebut rencananya juga akan dibuatkan filmnya. Sebelum dibuatkan filmnya, bertambah dulu digelar virtual konser dengan akan digelar pada 9 Oktober 2020 mendatang.