Sokong Klarifikasi soal Foto Jenazah Covid-19, Anji Minta Maaf

Sokong Klarifikasi soal Foto Jenazah Covid-19, Anji Minta Maaf

–>

Bahana. com – Anji akhirnya memberikan klarifikasi terkait komentarnya di Instagram soal hasil fotografer National Geographic Joshua Irwandi menghantam potret jenazah pasien Covid-19.

Setidaknya ada dua poin yang ditulis Anji. Pertama soal penyebarannya yang dianggap menyerupai buzzer serta kejanggalan perizinan aktivitas.

Anji minta maaf terkait pernytaannya soal foto jenazah pasien Covid-19. [Twitter]

Lewat Twitter, Anji menjelaskan dirinya telah melangsungkan diskusi virtual dengan para fotografer. Musisi 41 tahun ini menguatkan, ada perbedaan sudut pandang kurun dirinya dengan sang fotografer, Joshua  Irwandi.

“Saya bukan mendiskreditkan Joshua ataupun profesinya, tetapi membahas pola penyebaran fotonya di media sosial, ” tulis Anji, Senin (20/7/2020).

Anji mengatakan ia mengetahui foto jenazah Covid-19 itu lewat akun-akun media sosial yang memviralkan.

“Ini adalah tentang perbedaan sudut pandang. Saya membaca viralnya foto Joshua Irwandi dari penuh akun besar dengan pola caption yang seragam, ” katanya.

Point selanjutnya saat Anji memberikan klarifikasi perkara pernyataan yang menyebut janggal, seorang fotografer diperbolehkan mengambil gambar. Sementara keluarga saja tidak diperkenankan.

Twit Anji terkait jenazah pasien Covid-19. [Twitter]

“Pertanyaan tentang, ‘Kenapa rumpun orang yang meninggal karena Covid-19 tidak boleh menjenguk, sementara seorang fotografer boleh’, bukanlah pertanyaan saya sendiri. Tapi banyak orang. Hanya saja, saya menyuarakannya, ” sahih Anji.

“Lalu saya mendapat penjelasan tentang etika jurnalistik beserta aturannya, ” imbuh suami Wina Natalia ini.

Merapatkan penjelasannya, Anji menuliskan permintaan maaf. Apabila ia salah dalam mendaftarkan opininya.  

“Jika terjadi kesalahan sangkaan dalam memahami kalimat saya, hamba minta maaf, ” tutur Anji